Minggu, 08 Januari 2017

INHERITAS (KONSEP DASAR INHERITAS,SUBCLASSING: SINGLE INHERITANCE,CONSTRUCTOR, KRITERIA AKSESIBILITAS, KEYWORD SUPER, INHERITAS BERTINGKAT)

OOP (OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) atau PROGRAM BERORIENTASI OBJEK.
Sekarang Saya Akan membahas mengenai Inheritas atau Inheritance …
PENGERTIAN PEWARISAN (INHERITANCE)
Konsep inheritance ini mengadopsi dunia riil dimana suatu entitas/obyek dapat mempunyai entitas/obyek turunan. Dengan konsep inheritance, sebuah class dapat mempunyai class turunan.
Suatu class yang mempunyai class turunan dinamakan parent class atau base class. Sedangkan class turunan itu sendiri seringkali disebut subclass atau child class. Suatu subclass dapat mewarisi apa-apa yang dipunyai oleh parent class.
Karena suatu subclass dapat mewarisi apa apa yang dipunyai oleh parent class-nya, maka member dari suatu subclass adalah terdiri dari apa-apa yang ia punyai dan juga apa-apa yang ia warisi dari class parent-nya.
Kesimpulannya, boleh dikatakan bahwa suatu subclass adalah tidak lain hanya memperluas (extend) parent class-nya.
Dari hirarki diatas dapat dilihat bahwa, semakin kebawah, class akan semakin bersifat spesifik. Class mamalia memiliki seluruh sifat yang dimiliki oleh binatang, demikian halnya juga macan , kucing, Paus dan Monyet memiliki seluruh sifat yang diturunkan dari class mamalia.
Dengan konsep ini, karakteristik yang dimiliki oleh class binatang cukup didefinisikan didefinisikan dalam class binatang saja.
Class mamalia tidak perlu mendefinisikan ulang apa yang telah dimiliki oleh class binatang, karena sebagai class turunannya, ia akan mendapatkan karakteristik dari class binatang secara otomatis. Demikian juga dengan class macan, kucing, Paus dan monyet, hanya perlu mendefinisikan karakteristik yang spesifik dimiliki oleh class-nya masing-masing.
Dengan memanfaatkan konsep pewarisan ini dalam pemrograman, maka hanya perlu mendefinisikan karakteristik yang lebih umum akan didapatkan dari class darimana ia diturunkan.
DEKLARASI PEWARISAN (INHERITANCE)
Deklarasi yang digunakan adalah dengan menambahkan kata kunci extends setelah deklarasi nama class, kemudian diikuti dengan nama parent class-nya. Kata kunci extends tersebut memberitahu kompiler Java bahwa kita ingin melakukan perluasan class.
public class B extends A { … }
Pada saat dikompilasi, Kompiler Java akan membacanya sebagai subclass dari class Object.
public class A extends Object { … }
KAPAN KITA MENERAPKAN INHERITANCE?
Kita baru perlu menerapkan inheritance pada saat kita jumpai ada suatu class
yang dapat diperluas dari class lain.
Misal terdapat class Pegawai public class Pegawai { public String nama; public double gaji; }Misal terdapat class Manager public class Manajer { public String nama; public double gaji;public String departemen; }
Dari 2 buah class diatas, kita lihat class Manajer mempunyai data member yang identik sama dengan class Pegawai, hanya saja ada tambahan data member departemen.
Sebenarnya yang terjadi disana adalah class Manajer merupakan perluasan dari class Pegawai dengan tambahan data member departemen.
Disini perlu memakai konsep inheritance, sehingga class Manajer dapat kita tuliskan seperti berikut :
public class Manajer extends Pegawai { public String departemen; }
KEUNTUNGAN INHERITANCE
1. Subclass menyediakan state/behaviour yang spesifik yang membedakannya dengan superclass, hal ini akan memungkinkan programmer Java untuk menggunakan ulang source code dari superclass yang telah ada.
2. Programmer Java dapat mendefinisikan superclass khusus yang bersifat generik, yang disebut abstract class, untuk mendefinisikan class dengan behaviour dan state secara umum.
ISTILAH INHERITANCE
Extends
Keyword ini harus kita tambahkan pada definisi class yang menjadi subclass.
Superclass Superclass digunakan untuk menunjukkan hirarki class yang berarti class dasar dari subclass/class anak.
Subclass Subclass adalah class anak atau turunan secara hirarki dari superclass.
Super Keyword ini digunakan untuk memanggil konstruktor dari superclass atau menjadi variabel yang mengacu pada superclass.
Methode Overriding Pendefinisian ulang method yang sama pada subclass
Dalam inheritance, method overriding berbeda dengan method overloading. Kalau method overriding adalah mendefinisikan kembali method yang sama, baik nama method maupun signature atau parameter yang diperlukan dalam subclass, kalau method overloading adalah mendefinisikan method yang memiliki nama yang sama, tetapi dengan signature yang berbeda dalam definisi class yang sama.
CONTOH LATIHAN INHERITANCE :
class Kotak{
double sisi1;
double sisi2;
double sisi3;
Kotak(){
}
Kotak(double satu, double dua, double tiga){
sisi1=satu;
sisi2=dua;
sisi3=tiga;
}
public void CetakKotak(){
System.out.println(”Isi Kotak adalah = ” + sisi1 + sisi2 + sisi3);}
}
public class Kotakku extends Kotak{
double sisi1;
Kotakku(double pertama, double kedua, double ketiga, double tambahan)
{
super(pertama,kedua,ketiga);
sisi1=tambahan;
}
public static void main(String[] args) {
Kotakku Kotaksaya= new Kotakku(10,5,15,30);
Kotaksaya.CetakKotak();
System.out.println(”Sisi Pertama dari Kotak adalah = ” + Kotaksaya.sisi1);
System.out.println(”Sisi Pertama dari Kotak adalah = ” + Kotaksaya.sisi2);
System.out.println(”Sisi Pertama dari Kotak adalah = ” + Kotaksaya.sisi3);
}
}
maka jika dijalankan program diatas hasilnya akan seperti gambar di bawah ini :
Semoga Bermanfaat ..

ENKAPSULASI (PEMBUNGKUSAN DATA, MODIFIER, AKSES DATA)

Apaan sih maksudnya enkapsulasi dalam pemrograman?
Konsep Enkapsulasi dalam pemrograman adalah pengkombinasian/pembungkusan antara data dan prosedur ataupun fungsi (method) yang memanipulasinya ke dalam sebuah object pada bagian yang terlindungi sehingga data-datanya tidak mudah diakses langsung dari luar. Manfaat dari enkapsulasi ialah kode sumber dari sebuah object dapat dikelola secara independen dari kode object yang lain. Selain itu, dengan enkapsulasi kita bisa menyembunyikan informasi-informasi yang tidak perlu diketahui oleh object lain. Enkapsulasi merupakan salah satu karakteristik utama dalam konsep OOP.
Konsep ini menentukan tingkat aksesibilitas dari masing-masing data dan method serta menyembunyikan detail implementasi dari luar yang dikenal dengan Information Hiding. Ada beberapa keuntungan menerapkan prinsip enkapsulasi, yaitu:
1. Memiliki sifat bebas, sehingga dapat digunakan pada bagian manapun dari program tidak terkait pada bagian tertentu program.
2. Memiliki sifat transparan, bila melakukan modifikasi maka perubahan akan dirasakan oleh bagian program yang menggunakan modul tersebut.
3. Menghindari efek diluar perencanaan, dengan demikian akan mereduksi kemungkinan adanya hasil imbas pemrosesan yang di luar perencanaan semula.
Dua hal yang mendasar dalam enkapsulasi yakni :
• Information hiding
Sebelumnya kita dapat mengakses anggota class baik berupa atribut maupun method secara langsung dengan menggunakan objek yang telah kita buat. Hal ini dikarenakan akses kontrol yang diberikan kepada atribut maupun method yang ada di dalam class tersebut adalah ‘public’. Kita dapat menyembunyikan informasi dari suatu class sehingga anggota class tersebut tidak dapat diakses dari luar, caranya adalah hanya dengan memberikan akses kontrol ‘private’ ketika mendeklarasikan atribut atau method. Proses ini disebut dengan information hiding.
• Interface to access data
Jika kita telah melakukan information hiding terhadap suatu atribut pada suatu class, lalu bagaimana cara melakukan perubahan terhadap atribut yang kita sembunyikan tersebut, caranya adalah dengan membuat suatu interface berupa method untuk menginisialisasi atau merubah nilai dari suatu atribut tersebut.
Konsep enkapsulasi sangat penting dilakukan untuk menjaga kebutuhan program agar dapat diakses sewaktu-waktu, sekaligus menjaga program tersebut. Dalam kehidupan sehari hari enkapsulasi dapat dimisalkan sebagai arus listrik pada generator, dan sistem perputaran generator untuk menghasilkan arus listrik. Kerja arus listrik tidak mempengaruhi kerja dari sistem perputaran generator, begitu pula sebaliknya. Karena didalam arus listrik tersebut, kita tidak perlu mengetahui bagaimana kinerja sistem perputaran generator, apakah generator berputar kebelakang atau ke depan atau bahkan serong. Begitu pula dalam sistem perputaran generator, kita tidak perlu tahu bagaimana arus listrik, apakah menyala atau tidak.
Begitulah konsep kerja dari enkapsulasi, dia akan melindungi sebuah program dari akses ataupun intervensi dari program lain yang mempengaruhinya. Hal ini sangat menjaga keutuhan program yang telah dibuat dengan konsep dan rencana yang sudah ditentukan dari awal.
Contoh program:
class Anggota{  //kelas anggota berisi atribut yang memiliki modifier sehingga kelas main memiliki akses langsung ke atribut kelas anggota
private String nama;  //private digunakan suppaya objek tidak diakses sembarangan
private String hobby;
public Anggota(String n, String hobby) {  //menginisialisasi isi dari atribut dalam kelas anggota
this.nama = n;
this.hobby = hobby;
}
public String tampilkanNama() {
return nama;
}
public String tampilkanHobby() {
return hobby;
}
public void usia() {
System.out.println(“Usia : 20”);
}
public void JK() {
System.out.println(“Jenis Kelamin : Perempuan”);
}}
public class main{
public static void main(String[] args) {
System.out.println(“======Biodata Anggota=====”);
Anggota Diny = new Anggota(“Diny”, “Bermain Keyboard”);  //bentuk inisialisasinya, memanggil nama kelas Anggota dengan nama Diny diikuti dengan menjalankan method Anggota untuk mengisi variabel nama dan hobby
System.out.println(“Nama \t : ” + Diny.tampilkanNama());
System.out.println(“Hobby \t : ” + Diny.tampilkanHobby());  //perintah mencetak diikuti variabel yang telah dideklarasikan dan memanggilnya
Diny.usia();
Diny.JK();
System.out.println();
Anggota Dyas = new Anggota(“Dyas”, “Menyanyi”);
System.out.println(“Nama \t : ” + Dyas.tampilkanNama());
System.out.println(“Hobby \t : ” + Dyas.tampilkanHobby());
Dyas.usia();
Dyas.JK();
System.out.println();
System.out.println(“======Maacih yaaaa=====”);
}}  //untuk memanggil dan mencetak
Kalau mau lihat outputnya, di bawah ini yaa….
Output :
Semoga Bermanfaat ..

Rabu, 21 Desember 2016

BitCoin


Pengertian dan Sejarah BitCoin

BitCoin adalah sebuah mata uang virtual yang dapat digunakan untuk bertransaksi online. Jika ditanya bagaimanakah bentuk mata uang ini, yang jelas bentuknya bukan seperti mata uang fisik yang dikeluarkan oleh sebuah bank dan bukan pula mata uang dari sebuah negara. Bentuk dari mata uang unik ini adalah hanya sebuah file layaknya file-file umum biasa.

File tersebut merupakan enskripsi dari kode-kode unik yang menjadikannya tak sama satu dengan yang lain. Dan seperti file mp3 atau word yang Anda miliki di perangkat komputer Anda, file BitCoin juga dapat disimpan dalam komputer atau sebuah flash disk atau software yang dinamakan BitCoin Digital Wallet. Selain itu BitCoin juga dapat di simpan di jasa penyimpanan BitCoin di Internet yang berbentuk layaknya sosial cloud.

Menurut beberapa sumber, sejarah dari lahirnya BitCoin berawal pada tahun 2007. Seorang ahli komputer mencoba mengembangkan sistem mata uang virtual model baru yang sama sekali tidak terikat oleh pihak atau otoritas manapun. Orang itu bernama Satoshi Nakamoto. Pria asal jepang tersebut mengaku mengembangkan BitCoin selama 2 tahun dan mulai melepasnya di dunia internet pada tahun 2009 dan akhirnya menyebar hingga saat ini.

Artikel lain: Apa itu Paypal, bagaimana cara membuat akun Paypal?

Namun ada beberapa ahli yang menyatakan bahwa sang penemu tersebut adalah nama fiktif dan tidak ada secara nyata orang dengan nama tersebut. Ada sebagian ahli yang menyatakan bahwa mata uang BitCoin merupakan sesuatu yang dibuat oleh seseorang atau kelompok orang yang memang ingin membuat persepsi baru dalam dunia transaksi online. Dan tujuan utamanya tentu saja untuk mengambil keuntungan.

Namun, kembali lagi terlepas dari banyak nya cerita yang beredar nyatanya kini sudah ada orang yang bertransaksi dengan menggunakan BitCoin dan nampaknya hal tersebut makin marak bahkan sudah menyentuh masyarakat maya di Indonesia. Anda bisa mencari beberapa informasi di Kaskus karena tidak sedikit yang telah memperjual belikan BitCoin disana.


Penyebaran BitCoin

Jika ditanyakan bagaimana nilai serta penyebaran mata uang BitCoin. Mengenai penyebarannya saat ini BitCoin sudah tersebar hampir di seluruh penjuru dunia. Namun ada beberapa negara yang dengan tegas telah menolak penggunaan mata uang BitCoin sebagai alat transaksi online. Negera-negera tersebut diantaranya adalah China dan Singapura, negara tersebut memang menolak penggunaan BitCoin sebagai alat jual beli yang sah karena sifatnya yang tidak aman. Selain itu BitCoin juga dikawatirkan akan memberikan dampak buruk terhadap kestabilan transaksi online di negara tersebut.

Mengenai nilai BitCoin, jika di-kurs-kan dengan nilai dolas AS, beberapa pihak menyatakan bahwa saat ini nilai 1 BitCoin atau 1B (symbol BitCoin) senilai dengan $195 dolar. Namun nilai tersebut akan terus berubah sesuai dengan keberadaan jumlah BitCoin yang ada saat ini. Hingga saat ini diperkirakan sudah terdapat 21 juta BitCoin yang bertambah 25 BitCoin permenitnya diseluruh dunia.

Baca juga: 3 Jenis transaksi jual beli online terpopuler di Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan BitCoin

Kelebihan dari BitCoin sebagai alat pembayaran adalah sifatnya yang simple dan ringkas. BitCoin merupakan alat transaksi orang per orang dan hanya orang yang memegangnya yang bisa menggunakannya. Selain itu dalam menggunakannya pun, kita tidak perlu menyertakan informasi pribadinya seperti pada mata uang bank atau akun transaksi online lain. Hal ini tentunya memberikan keamanan informasi dari sang pemilik.

Yang menjadi kerugian dari pemakaian BitCoin adalah karena bentuknya yang hanya berupa file, memungkinkan BitCoin menjadi rusak/ hilang/ terhapus jika terjadi sesuatu dengan perangkat tempat kita menyimpan BitCoin tersebut. Dan kelemahan terbesarnya adalah karena BitCoin merupakan sebuah alat transaksi yang hadir karena ada kemauan dan kepercayaan dari para penggunaya. Hal ini memungkinkan suatu saat BitCoin bisa benar-benar tidak bernilai karena sudah tidak ada yang mau menggunakan mata uang tersebut.

Berikut sebuah video dalam bahasa inggris yang memaparkan dengan ringkas apa dan bagaimanakan BitCoin tersebut bekerja.


Mata uang BitCoin memang merupakan hasil dari perkembangan dunia teknologi ecommerce yang tumbuh terlalu massif. Dan bagi Anda yang memang seorang pelaku ecommerce boleh saja mengikuti dan mengerti lebih dalam tentang perkembangan yang ada,  namun yang terpenting adalah tetap mengutamakan keamanan transaksi anda. Kita tunggu saja bagaimana perkembangan mata uang virtual unik yang satu ini.

sumber :www.maxmanroe.com

Kamis, 08 Desember 2016

Topologi Jaringan


Apa kalian sudah mengetahui apa itu  topologi jaringan? Jika belum mengetahui, disini saya akan member tahu apa itu topologi jaringan.

Topologi jaringan computer adalah suatu komponen atau cara menghubungkan semua kumpulan computer antara satu dengan yang lain nya sehingga computer membentuk jaringan dan dapat terhubung/terkoneksi ke internet.

Macam-macam topologi jaringan computer :
1. Topologi MESH adalah bentuk hubungan yang semua perangkat/node saling berhubungan  satu sama lain .Topologi Mesh merupakan topologi yang tidak beraturan dan tidak memiliki aturan dalam koneksi nya.Topologi Mesh juga bisa diseubut Jala.Topologi Mesh memiliki 2 tipe yaitu, Full Connected dan Partial Connected.

· Full Connected : seluruh perangkat /node dalam suatu jaringan saling terhubung antara satu dengan yang lainnya.
·  Partial Connected : perangkat yang saling berhubungan  hanya beberapa saja

Keuntungan Topologi MESH :
  •      Keuntungan utama dari penggunaan topologi mesh adalah fault tolerance.Terjaminnya kapasitas channel komunikasi, karena memiliki hubungan yang berlebih.
  •      Relatif lebih mudah untuk dilakukan troubleshoot.

Kerugian Topologi MESH :

  •     Sulitnya pada saat melakukan instalasi dan melakukan konfigurasi ulang saat jumlah komputer dan peralatan‐peralatan yang terhubung semakin meningkat jumlahnya.
  •      Biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang berlebih.
2.   Topologi BUS adalah sebuah topologi yang media transmisinya menggunakan kabel tunggal atau kabel pusat tempat yang menghubungkan client dan server.
Cara kerja :
· Ketika computer mengirim sinyal kesaluran maka saluran computer mendapatsinyal tersebut.
·    Hanya satu computer pada suatu saat yang bisa mengirim sinyal.
·    Computer harus menunggu sampai saluran bebas  sebelum mengirim.
Kelebihan :
·  Layout kabel sederhana sehingga instalasi relativ mudah.
·  Hemat kabel sehingga instalasi relativ mudah.
· Penambah dan pengurangan terminal dapat dilakukan tanpa menganggu operasi yang berjalan.
Kekurangan :
· Jika kabel utama putus maka komunikasi gagal.
· Keamanan data kurang terjamin.
· Diperlukan repeater untuk jarak jauh.















3.  Topologi Star adalah topologi jaringan yang menyerupai bentuk bintang dengan node ditengah sebuah alat concentrator (hub,switch) sebagai pusat penghubung  kesetiap station computer.
Cara kerja :
·  Hub broadcast bisa aktif bisa pasif.
· Kita bisa menggunakan beberapa tipe kabel untuk mengimplementasikan jaringan star.

Kelebihan :
·Pengelolaan menjadi mudah.
·Kegagalan mudah ditelusuri.
·Kegagalan pada suatu komponen/terminal tidak mempengaruhi komunikasi terminal lain.

Kekurangan :
· Kegagalan pusat control.
· Boros dalam penggunaan kabel.
· Kondisi hub harus tetap dalam kondisi baik.























4.  Topologi Ring merupakan (Cincin) pemetaan  jaringan computer yang berbentuk seperti cincin yaitu, bulatan melingkar berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung kedua titik lainnya dimana berperan dalam menghubungkan semua computer. Cincin berfungsi sebagai pusat berkumpul ujung kabel untuk setiap kabel computer terhubung dan kabel yang digunakan topologi Ring kabel BNC.

Keuntungan Topologi RING :
  •  Data mengalir dalam satu arah sehingga terjadinya collision dapat dihindarkan.Aliran data mengalir lebih cepat karena dapat melayani data dari kiri atau kanan dari server.
  •    Dapat melayani aliran lalulintas data yang padat, karena data dapat bergerak kekiri atau kekanan.
  •      Waktu untuk mengakses data lebih optimal.

Kerugian Topologi RING :
  •   Apabila ada satu komputer dalam ring yang gagal berfungsi, maka akan mempengaruhi  keseluruhan jaringan.
  •      Menambah atau mengurangi computer akan mengacaukan jaringan.
  •      Sulit untuk melakukan konfigurasi ulang.

5.   Topologi Extended star merupakan pemetaan dalam menggambarkan  jaringan hasil pengembangan  lanjutan dari topologi star (bintang). Setiap node berkomunikasi langsung dengan sub node, sedangkan sub node berkomunikasi  dengan central.

Kelebihan Topologi Extended Star :
  •   Jika satu kabel sub node terputus maka sub node yang lainnya tidak terganggu,tetapi apabila central node terputus maka semua node disetiap sub node akan terputus.

Kekurangan Topologi Extended Star :

  •      Tidak dapat digunakan kabel yang  karena hanya menghandel satu traffic node, karena untuk berkomunikasi antara satu node ke node lainnya membutuhkan beberapa kali hops.


6.  Topologi Hierarchical/Tree (pohon) merupakan pengembangan dari topologi bus dan juga topologi bintang dimana media transmisi suatu kabel yang bercabang tetapi loop tidak tertutup.
                 
             Kelebihan Topologi Tree :
  •     Seperti topologi star perangkat terhubung pada pusat pengendali /HUB.Tetapi HUB dibagi menjadi dua,central HUB,dan secondary HUB
  •      Topologi tree ini memiliki keunggulan lebih mampu menjangkau jarak yang lebih jauh dengan mengaktifkan fungsi Repeater yang dimiliki oleh HUB.

        Kelemahan Topologi Tree :

  •    Kabel yang digunakan menjadi lebih banyak sehingga diperlukan perencanaan yang matang dalam pengaturannya , termasuk di dalamnya adalah tata letak ruangan.


7. Topologi Peer to peer adalah topologi yang menggunakan  dua computer untuk saling terhubung dengan satu kabel penghubungnya.Topologi peer to peer  biasanya menggunakan 10 komputer  dan 1-2 printer.

Kelebihan :
1. komputer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang di milikinya seperti hardisk, drive, modem dan printer.
2. Biaya operasional relatif lebih murah di bandingkan dengan tipe jaringan clien-server.
3. Kelangsungan kerja tidak tergantung pada satu server. sehingga bila satu komputer mengalami gangguan atau rusak tidak akan mengganggu komputer lain.
Kelemahan:
1. Jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan peer to peer setiap komputer di mungkinkan akan terlibat dalam komunikasi yang ada.di jaringan clien-server komunikasi adalah antara server dan workstation.
2. Sistem keamanan jaringan adalah di tentukan masing masing user dengan mengatur keamanan masing masing fasilitas yang di miliki.
3. Karena data jaringan tersebar di masing masing komputer dalam jaringan. maka backup harus dilakukan masing masing komputer tersebut.



cukup sekian dari saya semoga bermanfaat dan jangan lupa share kepada yang ingin mempelajari.



Rabu, 07 Desember 2016

JARINGAN KOMPUTER




Jaringan computer adalah sebuah system yang terdiri dua atau lebih computer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media  komunikasi sehingga sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras.

Tujuan dibangun nya jaringan computer :
·       Agar informasi/ data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada yang penerima (receveir) dengan tepat dan akurat.
Manfaat  jaringan computer :
·       Sharing Data
·       Pengiriman data secara cepat dan efisien.
·       Terhubung dengan orang lain dari berbagai kota maupun Negara.
·       Mengakses informasi.
·       Sharing perangkat keras.
Jaringan computer berdasarkan jangkauan geografis  ada 4 yaitu,
1.   PAN (Personal Area Network).
2.   LAN (Local Area Network).
3.   MAN (Metropolitan Area Network).
4.   WAN  (Wide Area Network).
Sekarang saya akan menjelaskan jaringan computer mulai dari pengertian dan contoh.
1. PAN adalah jaringan computer atau titik akses yang digunakan untuk berkomunikasi ke berbagai perangkat pribadi seperti computer,ponsel,dan televisi. Jaringan PAN bersifat khas & personal untuk keperluan pribadi teknologi seperti computer telepon dan televisi. Teknologi yang biasa digunakan oleh PAN adalah Wifi, Bluetooth, dan Infrared.

2. LAN merupakan jaringan local yang digunakan oleh suatu organisasi untuk berbagai sumber daya (resources sharing) seperti printer dan file. Jaringan LAN hanya mencakup wilayah kecil saja seperti warnet, kantor dan sekolah. LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet (kabel jaringan) yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10.000, bahkan 1000mb/s. Selain menggunakan Ethernet, tidak sedikit pula yang menggunakan teknologi nirkabel seperti wifi.

3. MAN adalah suatu jaringan computer dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan  tinggi yang menghubungkan suatu lokasi seperti sekolah, kampus, perkantoran dan pemerintahan.Teknologi yang digunakan pada jaringan MAN tidak jauh berbeda dengan LAN. Contoh mengirim data dari kantor ke perusahaan.

 4. WAN adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit. Kecepatan transmisinya beragam dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, sampai 625 Mbps (atau kadang-kadang lebih). Faktor khusus yang mempengaruhi desain dan performance-nya terletak pada siklus komunikasi, seperti jaringan telepon, satelit atau komunikasi pembawa lainnya.

Sabtu, 03 Desember 2016

Cara Setting Kamera

Cara Men-Setting Kamera
Yang harus dipahami  adalah rumus Segitiga Exposure yaitu, ISO,Sutter Speed dan Aperture. Disini saya akan membahas tiga elemen dalam segitiga Exposure, kerana ketiga elemenlah  bahwa kamera kita telah mendapatkan metering cahaya yang tepat.Kita mulai dengan yang pertama yaitu,


                       1Sutter Speed
Dalam kondisi tertentu mengharuskan kita untuk menggunakan Sutter Speed untuk menghasilkan gambar tertentu.Kita bisa liat diview vinder /layar display dan lihat jarum tersbut jika jarum berada didaerah minus(-) artinya foto kita masih Under Exposure artinya foto yang kita dapatkan masih gelap.Kita bisa kombinasikan antara Aperture atau ISO.biasanya saya menggunakan camera Canon dengan maksimum Aperture nya  f4.5. jika masih mendapatkan hasil gambar yang Under Exposure, bagaimana caranya mendapatkan foto yang tepat .? kita bisa merubah ISO,kita setting bagian ISO untuk mendapatkan Exposure yang tepat.jika jarum sudah berada diangka nol berarti kita sudah mendapatkan Exposure yang tepat. Ini adalah tampilan untuk men-setting ISO.
Sutter Speed dilambangkan dengan contoh 1/50.Maksud dari 1/50 itu adalah 
1/berapa detik.


2. Aperture 
   adalah bukaan diafragma pada lensa kamera. Biasanya nilai aperture ini ditandai dengan “f/angka”, misalnya f/22, f/11, atau pada smartphone biasanya terdapat di angka f/2.6 hingga f/1.8. Nah sekarang yang jadi pertanyaan lanjutan adalah apa arti huruf f/ beserta angka dibelakangnya itu? Angka dibelakang huruf f/ tersebut adalah nilai dari bukaan lensa atau diafragma pada lensa, yang mana semakin besar angka dibelakang f/ maka bukaan lensa akan semakin kecil dan begitupula sebaliknya. Hehe bingung ya? Oke mimin jelaskan lebih lanjut agar kalian lebih mengerti.
besaran bukaan diafragma atau aperture merupakan hasil pembagian dari panjang fokus lensa atau focal length dengan nilai aperture itu sendiri. Misalnya jika focal length pada lensa adalah 100mm dan nilai aperture adalah f/4, maka itu artinya aperture akan terbuka dengan diameter 25mm (100 dibagi 4). Maka semakin kecil angka dibelakang f/, bukaan lensa akan semakin besar. Begitupun sebaliknya, semakin besar angka dibelakang f/ maka bukaan lensa akan semakin kecil. Baiklah, dari sini mimin anggap kalian sudah paham yaa.
Namun tidak semua lensa akan memiliki bukaan yang sama misalnya sebesar f/1.8 atau diatasnya karena adanya variasi focal length yang berbeda-beda sehingga batasan dari aperture dari tiap lensa pun berbeda. Pada kamera smartphone sendiri biasanya memiliki focal length di kisaran 2 sampai 4mm. Lalu apakah pengaruh dari nilai aperture ini? Silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

3. ISO 
    adalah ukuran tingkat sensifitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi setting ISO kita maka semakin sensitif sensor terhada cahaya.Untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang setting ISO di kamera kita (ASA dalam kasus fotografi film), coba bayangkan mengenai sebuah komunitas lebah.
·         Sebuah ISO adalah sebuah lebah pekerja. Jika kamera saya set di ISO 100, artinya saya memiliki 100 lebah pekerja.
·         Dan jika kamera saya set di ISO 200 artinya saya memiliki 200 lebah pekerja.
Tugas setiap lebah pekerja adalah memungut cahaya yang masuk melalui lensa kamera dan membuat gambar. Jika kita menggunakan lensa identik dan aperture sama-sama kita set di f/3.5 namun saya set ISO di 200 sementara anda 100 (bayangkan lagi tentang lebah pekerja), maka gambar punya siapakah yang akan lebih cepat selesai? Gambar dibawah ini adalah  Cara mengatur Iso disini dapat mengatur penchayaan yang akan terlihat bagus dalam kondisi gelap(tengah malam).

Sekian dari saya semoga bermanfaat bagi yang sedang mempelajari.Dan
tunggu kelanjutan nya.