Minggu, 08 Januari 2017

POLIMORPHISME (KONSEP POLIMORPHISME, OVERLOADING METHODS, OVERRIDING METHODS, VIRTUAL METHOD INVOCATION, POLYMORPHIC ARGUMENTS, INSTANCEOF STATEMENTS, CASTING OBJEK)

Polymorphism merupakan kemampuan suatu method untuk bekerja dengan lebih dari satu tipe argumen. Pada bahasa lain (khususnya C++), konsep ini sering disebut dengan method overloading. Pada dasarnya, Python tidak menangani hal ini secara khusus. Hal ini disebabkan karena Python merupakan suatu bahasa pemrograman yang bersifat dynamic typing yaitu tidak memerlukan deklarasi tipe.
Polymorphism adalah suatu object dapat memiliki berbagai bentuk, sebagai object dari class sendiri atau object dari superclassnya
  • Overloading : Penggunaan satu nama untuk beberapa method yang berbeda (beda parameter)
  • Overriding : terjadi ketika deklarasi method subclass dengan nama dan parameter yang sama dengan method dari superclassnya.

Polymorphism berasal dari bahasa Yunani yang berarti banyak bentuk. Dalam PBO, konsep ini memungkinkan digunakannya suatu interface yang sama untuk memerintah objek agar melakukan aksi atau tindakan yang mungkin secara prinsip sama namun secara proses berbeda.

Keuntungan Pemograman dengan menggunakan Polymorphism adalah :
• Kita dapat menggunakan kelas-kelas yang kita buat (sebagai super kelas) dan membuat kelas kelas baru berdasar superkelas tersebut dengan karakteristik yang lebih khusus dari behaviour umum yang dimiliki superkelas.
• kita dapat membuat super kelas yang hanya mendefinisikan behaviuor namun tidak memberikan implementasidari metode-metode yang ada.Hal ini berguna jika kita ingin membuat semacam template kelas,kelas semacam ini disebut kelas abstrak karena behaviournya masih abstrak dan belum diimplementasikan.subkelas-subkelas dari kelas semacam ini yang disebut kelas konkret,mengimplementasikan behaviuor abstrak tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
• Menghindari duplikasi object,kita dapat menciptakan class baru dari class yang sudah ada,sehingga tidak perlu menuliskan code dari nol ataupun mengulangnya, namun tetap bisa menambahkan attribute dan atau method unik dari class itu sendiri. Dalam konsep yang lebih umum sering kali polymorphism disebut dalam istilah satu interface banyak aksi.
Polymorphism dapat berarti banyak bentuk, maksudnya yaitu kita dapat menimpa (override), suatu method, yang berasal dari parent class (super class) dimana object tersebut diturunkan, sehingga memiliki kelakuan yang berbeda.

Pada dasarnya ada 2 tipe polymorphism, yaitu:

1. Static atau trivial merupakan, function overloading (penggunaan kembali nama fungi yang sama tapi dgn argumen yang berbeda) yang terbagi dalam 3 signature yaitu:
– Jenis Array

– Letak Array
– Type Array

Contoh function overloading :

void tambah (int a, int b);
void tambah(float d, float c);

2. Dynamic atau true Merupakan function overriding (sebuah fungsi dalam class turunan yang memiliki nama, return type argumen function yang sama dengan fungsi dalam class induk). Menggunakan virtual method.
Pure Virtual Method (tanpa function body)

contoh : virtual void jalan() = 0;

Squasi Virtual Method (ada function body)

contoh : virtual void info() {;}

Dari hasil yang kita peroleh di atas, dapat kita simpulkan sebagai berikut:
1)    Perihal polymorphisme:
        a)    Variable a dan c adalah tipe Alfabet dan juga Huruf. NAMUN, compiler mengetahui a dan c sebagai tipe Alfabet. Oleh karena itu ketika static (class) method dari masing-masing object a dan c dipanggil, yang dieksekusi adalah static method milik Alfabet, bukan Huruf. Hal ini dikarenakan pada saat compiling, pemanggilan method cetak2() dari a dan b dirubah menjadi Alfabet.cetak2() pada kedua kasusnya. Hal ini tentunya bertentangan dengan hasil running pada saat kita letakkan break point di atas yang menyatakan bahwa variable a dan c adalah tipe Huruf.
        b)    Variable a dan c memiliki tipe baik Alfabet maupun Huruf. Namun perlu diperhatikan bahwa setiap Huruf adalah Alfabet, namun setiap Alfabet belum tentu Huruf. Sehingga, kita tidak bisa menuliskan seperti di bawah ini karena compiler mengetahuinya bahwa c adalah tipe Alfabet sedangkan d adalah Huruf, tanpa mengetahui tipe setelah runtime.
   c)    Alfabet a = new Huruf() akan selalu memanggil constructor Huruf(). Ini adalah ketentuan baku syntax new yang menyatakan bahwa new membutuhkan postfix argument berupa constructor. Sehingga, walaupun ada tipe Alfabet pada pernyataan ini, namun yang dijalankan adalah constructor yang menjadi argument dari new, dalam hal ini constructor milik class Huruf.
2)    Perihal overriding dan hiding methods:
   Seperti pada tulisan sebelumnya dinyatakan bahwa pada overriden methods, yang dipanggil selalu adalah milik subclass. Hal ini sesuai dengan syntax yang kita gunakan juga, yakni misalnya c.cetak(). Pada hidden methods, yang dipanggil tergantung siapa yang memanggil. Sebagai static method, pemanggilannya harus disertakan class yang dimaksud, yakni Alfabet.cetak2() atau Huruf.cetak2(). Oleh karenanya hasil yang diberikan adalah sesuai dengan definisi method dari class yang dipanggil.
Contoh Program Menggunakan C# :
Hasil Program nya ..
Contoh Program Menggunakan C++

Alhasil ..
Contoh Program Yang Menggunakan Java …


Hasil Program nya …

Semangat Belajar Nya...

INHERITAS (KONSEP DASAR INHERITAS,SUBCLASSING: SINGLE INHERITANCE,CONSTRUCTOR, KRITERIA AKSESIBILITAS, KEYWORD SUPER, INHERITAS BERTINGKAT)

OOP (OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) atau PROGRAM BERORIENTASI OBJEK.
Sekarang Saya Akan membahas mengenai Inheritas atau Inheritance …
PENGERTIAN PEWARISAN (INHERITANCE)
Konsep inheritance ini mengadopsi dunia riil dimana suatu entitas/obyek dapat mempunyai entitas/obyek turunan. Dengan konsep inheritance, sebuah class dapat mempunyai class turunan.
Suatu class yang mempunyai class turunan dinamakan parent class atau base class. Sedangkan class turunan itu sendiri seringkali disebut subclass atau child class. Suatu subclass dapat mewarisi apa-apa yang dipunyai oleh parent class.
Karena suatu subclass dapat mewarisi apa apa yang dipunyai oleh parent class-nya, maka member dari suatu subclass adalah terdiri dari apa-apa yang ia punyai dan juga apa-apa yang ia warisi dari class parent-nya.
Kesimpulannya, boleh dikatakan bahwa suatu subclass adalah tidak lain hanya memperluas (extend) parent class-nya.
Dari hirarki diatas dapat dilihat bahwa, semakin kebawah, class akan semakin bersifat spesifik. Class mamalia memiliki seluruh sifat yang dimiliki oleh binatang, demikian halnya juga macan , kucing, Paus dan Monyet memiliki seluruh sifat yang diturunkan dari class mamalia.
Dengan konsep ini, karakteristik yang dimiliki oleh class binatang cukup didefinisikan didefinisikan dalam class binatang saja.
Class mamalia tidak perlu mendefinisikan ulang apa yang telah dimiliki oleh class binatang, karena sebagai class turunannya, ia akan mendapatkan karakteristik dari class binatang secara otomatis. Demikian juga dengan class macan, kucing, Paus dan monyet, hanya perlu mendefinisikan karakteristik yang spesifik dimiliki oleh class-nya masing-masing.
Dengan memanfaatkan konsep pewarisan ini dalam pemrograman, maka hanya perlu mendefinisikan karakteristik yang lebih umum akan didapatkan dari class darimana ia diturunkan.
DEKLARASI PEWARISAN (INHERITANCE)
Deklarasi yang digunakan adalah dengan menambahkan kata kunci extends setelah deklarasi nama class, kemudian diikuti dengan nama parent class-nya. Kata kunci extends tersebut memberitahu kompiler Java bahwa kita ingin melakukan perluasan class.
public class B extends A { … }
Pada saat dikompilasi, Kompiler Java akan membacanya sebagai subclass dari class Object.
public class A extends Object { … }
KAPAN KITA MENERAPKAN INHERITANCE?
Kita baru perlu menerapkan inheritance pada saat kita jumpai ada suatu class
yang dapat diperluas dari class lain.
Misal terdapat class Pegawai public class Pegawai { public String nama; public double gaji; }Misal terdapat class Manager public class Manajer { public String nama; public double gaji;public String departemen; }
Dari 2 buah class diatas, kita lihat class Manajer mempunyai data member yang identik sama dengan class Pegawai, hanya saja ada tambahan data member departemen.
Sebenarnya yang terjadi disana adalah class Manajer merupakan perluasan dari class Pegawai dengan tambahan data member departemen.
Disini perlu memakai konsep inheritance, sehingga class Manajer dapat kita tuliskan seperti berikut :
public class Manajer extends Pegawai { public String departemen; }
KEUNTUNGAN INHERITANCE
1. Subclass menyediakan state/behaviour yang spesifik yang membedakannya dengan superclass, hal ini akan memungkinkan programmer Java untuk menggunakan ulang source code dari superclass yang telah ada.
2. Programmer Java dapat mendefinisikan superclass khusus yang bersifat generik, yang disebut abstract class, untuk mendefinisikan class dengan behaviour dan state secara umum.
ISTILAH INHERITANCE
Extends
Keyword ini harus kita tambahkan pada definisi class yang menjadi subclass.
Superclass Superclass digunakan untuk menunjukkan hirarki class yang berarti class dasar dari subclass/class anak.
Subclass Subclass adalah class anak atau turunan secara hirarki dari superclass.
Super Keyword ini digunakan untuk memanggil konstruktor dari superclass atau menjadi variabel yang mengacu pada superclass.
Methode Overriding Pendefinisian ulang method yang sama pada subclass
Dalam inheritance, method overriding berbeda dengan method overloading. Kalau method overriding adalah mendefinisikan kembali method yang sama, baik nama method maupun signature atau parameter yang diperlukan dalam subclass, kalau method overloading adalah mendefinisikan method yang memiliki nama yang sama, tetapi dengan signature yang berbeda dalam definisi class yang sama.
CONTOH LATIHAN INHERITANCE :
class Kotak{
double sisi1;
double sisi2;
double sisi3;
Kotak(){
}
Kotak(double satu, double dua, double tiga){
sisi1=satu;
sisi2=dua;
sisi3=tiga;
}
public void CetakKotak(){
System.out.println(”Isi Kotak adalah = ” + sisi1 + sisi2 + sisi3);}
}
public class Kotakku extends Kotak{
double sisi1;
Kotakku(double pertama, double kedua, double ketiga, double tambahan)
{
super(pertama,kedua,ketiga);
sisi1=tambahan;
}
public static void main(String[] args) {
Kotakku Kotaksaya= new Kotakku(10,5,15,30);
Kotaksaya.CetakKotak();
System.out.println(”Sisi Pertama dari Kotak adalah = ” + Kotaksaya.sisi1);
System.out.println(”Sisi Pertama dari Kotak adalah = ” + Kotaksaya.sisi2);
System.out.println(”Sisi Pertama dari Kotak adalah = ” + Kotaksaya.sisi3);
}
}
maka jika dijalankan program diatas hasilnya akan seperti gambar di bawah ini :
Semoga Bermanfaat ..

ENKAPSULASI (PEMBUNGKUSAN DATA, MODIFIER, AKSES DATA)

Apaan sih maksudnya enkapsulasi dalam pemrograman?
Konsep Enkapsulasi dalam pemrograman adalah pengkombinasian/pembungkusan antara data dan prosedur ataupun fungsi (method) yang memanipulasinya ke dalam sebuah object pada bagian yang terlindungi sehingga data-datanya tidak mudah diakses langsung dari luar. Manfaat dari enkapsulasi ialah kode sumber dari sebuah object dapat dikelola secara independen dari kode object yang lain. Selain itu, dengan enkapsulasi kita bisa menyembunyikan informasi-informasi yang tidak perlu diketahui oleh object lain. Enkapsulasi merupakan salah satu karakteristik utama dalam konsep OOP.
Konsep ini menentukan tingkat aksesibilitas dari masing-masing data dan method serta menyembunyikan detail implementasi dari luar yang dikenal dengan Information Hiding. Ada beberapa keuntungan menerapkan prinsip enkapsulasi, yaitu:
1. Memiliki sifat bebas, sehingga dapat digunakan pada bagian manapun dari program tidak terkait pada bagian tertentu program.
2. Memiliki sifat transparan, bila melakukan modifikasi maka perubahan akan dirasakan oleh bagian program yang menggunakan modul tersebut.
3. Menghindari efek diluar perencanaan, dengan demikian akan mereduksi kemungkinan adanya hasil imbas pemrosesan yang di luar perencanaan semula.
Dua hal yang mendasar dalam enkapsulasi yakni :
• Information hiding
Sebelumnya kita dapat mengakses anggota class baik berupa atribut maupun method secara langsung dengan menggunakan objek yang telah kita buat. Hal ini dikarenakan akses kontrol yang diberikan kepada atribut maupun method yang ada di dalam class tersebut adalah ‘public’. Kita dapat menyembunyikan informasi dari suatu class sehingga anggota class tersebut tidak dapat diakses dari luar, caranya adalah hanya dengan memberikan akses kontrol ‘private’ ketika mendeklarasikan atribut atau method. Proses ini disebut dengan information hiding.
• Interface to access data
Jika kita telah melakukan information hiding terhadap suatu atribut pada suatu class, lalu bagaimana cara melakukan perubahan terhadap atribut yang kita sembunyikan tersebut, caranya adalah dengan membuat suatu interface berupa method untuk menginisialisasi atau merubah nilai dari suatu atribut tersebut.
Konsep enkapsulasi sangat penting dilakukan untuk menjaga kebutuhan program agar dapat diakses sewaktu-waktu, sekaligus menjaga program tersebut. Dalam kehidupan sehari hari enkapsulasi dapat dimisalkan sebagai arus listrik pada generator, dan sistem perputaran generator untuk menghasilkan arus listrik. Kerja arus listrik tidak mempengaruhi kerja dari sistem perputaran generator, begitu pula sebaliknya. Karena didalam arus listrik tersebut, kita tidak perlu mengetahui bagaimana kinerja sistem perputaran generator, apakah generator berputar kebelakang atau ke depan atau bahkan serong. Begitu pula dalam sistem perputaran generator, kita tidak perlu tahu bagaimana arus listrik, apakah menyala atau tidak.
Begitulah konsep kerja dari enkapsulasi, dia akan melindungi sebuah program dari akses ataupun intervensi dari program lain yang mempengaruhinya. Hal ini sangat menjaga keutuhan program yang telah dibuat dengan konsep dan rencana yang sudah ditentukan dari awal.
Contoh program:
class Anggota{  //kelas anggota berisi atribut yang memiliki modifier sehingga kelas main memiliki akses langsung ke atribut kelas anggota
private String nama;  //private digunakan suppaya objek tidak diakses sembarangan
private String hobby;
public Anggota(String n, String hobby) {  //menginisialisasi isi dari atribut dalam kelas anggota
this.nama = n;
this.hobby = hobby;
}
public String tampilkanNama() {
return nama;
}
public String tampilkanHobby() {
return hobby;
}
public void usia() {
System.out.println(“Usia : 20”);
}
public void JK() {
System.out.println(“Jenis Kelamin : Perempuan”);
}}
public class main{
public static void main(String[] args) {
System.out.println(“======Biodata Anggota=====”);
Anggota Diny = new Anggota(“Diny”, “Bermain Keyboard”);  //bentuk inisialisasinya, memanggil nama kelas Anggota dengan nama Diny diikuti dengan menjalankan method Anggota untuk mengisi variabel nama dan hobby
System.out.println(“Nama \t : ” + Diny.tampilkanNama());
System.out.println(“Hobby \t : ” + Diny.tampilkanHobby());  //perintah mencetak diikuti variabel yang telah dideklarasikan dan memanggilnya
Diny.usia();
Diny.JK();
System.out.println();
Anggota Dyas = new Anggota(“Dyas”, “Menyanyi”);
System.out.println(“Nama \t : ” + Dyas.tampilkanNama());
System.out.println(“Hobby \t : ” + Dyas.tampilkanHobby());
Dyas.usia();
Dyas.JK();
System.out.println();
System.out.println(“======Maacih yaaaa=====”);
}}  //untuk memanggil dan mencetak
Kalau mau lihat outputnya, di bawah ini yaa….
Output :
Semoga Bermanfaat ..

Rabu, 21 Desember 2016

BitCoin


Pengertian dan Sejarah BitCoin

BitCoin adalah sebuah mata uang virtual yang dapat digunakan untuk bertransaksi online. Jika ditanya bagaimanakah bentuk mata uang ini, yang jelas bentuknya bukan seperti mata uang fisik yang dikeluarkan oleh sebuah bank dan bukan pula mata uang dari sebuah negara. Bentuk dari mata uang unik ini adalah hanya sebuah file layaknya file-file umum biasa.

File tersebut merupakan enskripsi dari kode-kode unik yang menjadikannya tak sama satu dengan yang lain. Dan seperti file mp3 atau word yang Anda miliki di perangkat komputer Anda, file BitCoin juga dapat disimpan dalam komputer atau sebuah flash disk atau software yang dinamakan BitCoin Digital Wallet. Selain itu BitCoin juga dapat di simpan di jasa penyimpanan BitCoin di Internet yang berbentuk layaknya sosial cloud.

Menurut beberapa sumber, sejarah dari lahirnya BitCoin berawal pada tahun 2007. Seorang ahli komputer mencoba mengembangkan sistem mata uang virtual model baru yang sama sekali tidak terikat oleh pihak atau otoritas manapun. Orang itu bernama Satoshi Nakamoto. Pria asal jepang tersebut mengaku mengembangkan BitCoin selama 2 tahun dan mulai melepasnya di dunia internet pada tahun 2009 dan akhirnya menyebar hingga saat ini.

Artikel lain: Apa itu Paypal, bagaimana cara membuat akun Paypal?

Namun ada beberapa ahli yang menyatakan bahwa sang penemu tersebut adalah nama fiktif dan tidak ada secara nyata orang dengan nama tersebut. Ada sebagian ahli yang menyatakan bahwa mata uang BitCoin merupakan sesuatu yang dibuat oleh seseorang atau kelompok orang yang memang ingin membuat persepsi baru dalam dunia transaksi online. Dan tujuan utamanya tentu saja untuk mengambil keuntungan.

Namun, kembali lagi terlepas dari banyak nya cerita yang beredar nyatanya kini sudah ada orang yang bertransaksi dengan menggunakan BitCoin dan nampaknya hal tersebut makin marak bahkan sudah menyentuh masyarakat maya di Indonesia. Anda bisa mencari beberapa informasi di Kaskus karena tidak sedikit yang telah memperjual belikan BitCoin disana.


Penyebaran BitCoin

Jika ditanyakan bagaimana nilai serta penyebaran mata uang BitCoin. Mengenai penyebarannya saat ini BitCoin sudah tersebar hampir di seluruh penjuru dunia. Namun ada beberapa negara yang dengan tegas telah menolak penggunaan mata uang BitCoin sebagai alat transaksi online. Negera-negera tersebut diantaranya adalah China dan Singapura, negara tersebut memang menolak penggunaan BitCoin sebagai alat jual beli yang sah karena sifatnya yang tidak aman. Selain itu BitCoin juga dikawatirkan akan memberikan dampak buruk terhadap kestabilan transaksi online di negara tersebut.

Mengenai nilai BitCoin, jika di-kurs-kan dengan nilai dolas AS, beberapa pihak menyatakan bahwa saat ini nilai 1 BitCoin atau 1B (symbol BitCoin) senilai dengan $195 dolar. Namun nilai tersebut akan terus berubah sesuai dengan keberadaan jumlah BitCoin yang ada saat ini. Hingga saat ini diperkirakan sudah terdapat 21 juta BitCoin yang bertambah 25 BitCoin permenitnya diseluruh dunia.

Baca juga: 3 Jenis transaksi jual beli online terpopuler di Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan BitCoin

Kelebihan dari BitCoin sebagai alat pembayaran adalah sifatnya yang simple dan ringkas. BitCoin merupakan alat transaksi orang per orang dan hanya orang yang memegangnya yang bisa menggunakannya. Selain itu dalam menggunakannya pun, kita tidak perlu menyertakan informasi pribadinya seperti pada mata uang bank atau akun transaksi online lain. Hal ini tentunya memberikan keamanan informasi dari sang pemilik.

Yang menjadi kerugian dari pemakaian BitCoin adalah karena bentuknya yang hanya berupa file, memungkinkan BitCoin menjadi rusak/ hilang/ terhapus jika terjadi sesuatu dengan perangkat tempat kita menyimpan BitCoin tersebut. Dan kelemahan terbesarnya adalah karena BitCoin merupakan sebuah alat transaksi yang hadir karena ada kemauan dan kepercayaan dari para penggunaya. Hal ini memungkinkan suatu saat BitCoin bisa benar-benar tidak bernilai karena sudah tidak ada yang mau menggunakan mata uang tersebut.

Berikut sebuah video dalam bahasa inggris yang memaparkan dengan ringkas apa dan bagaimanakan BitCoin tersebut bekerja.


Mata uang BitCoin memang merupakan hasil dari perkembangan dunia teknologi ecommerce yang tumbuh terlalu massif. Dan bagi Anda yang memang seorang pelaku ecommerce boleh saja mengikuti dan mengerti lebih dalam tentang perkembangan yang ada,  namun yang terpenting adalah tetap mengutamakan keamanan transaksi anda. Kita tunggu saja bagaimana perkembangan mata uang virtual unik yang satu ini.

sumber :www.maxmanroe.com

Kamis, 08 Desember 2016

Topologi Jaringan


Apa kalian sudah mengetahui apa itu  topologi jaringan? Jika belum mengetahui, disini saya akan member tahu apa itu topologi jaringan.

Topologi jaringan computer adalah suatu komponen atau cara menghubungkan semua kumpulan computer antara satu dengan yang lain nya sehingga computer membentuk jaringan dan dapat terhubung/terkoneksi ke internet.

Macam-macam topologi jaringan computer :
1. Topologi MESH adalah bentuk hubungan yang semua perangkat/node saling berhubungan  satu sama lain .Topologi Mesh merupakan topologi yang tidak beraturan dan tidak memiliki aturan dalam koneksi nya.Topologi Mesh juga bisa diseubut Jala.Topologi Mesh memiliki 2 tipe yaitu, Full Connected dan Partial Connected.

· Full Connected : seluruh perangkat /node dalam suatu jaringan saling terhubung antara satu dengan yang lainnya.
·  Partial Connected : perangkat yang saling berhubungan  hanya beberapa saja

Keuntungan Topologi MESH :
  •      Keuntungan utama dari penggunaan topologi mesh adalah fault tolerance.Terjaminnya kapasitas channel komunikasi, karena memiliki hubungan yang berlebih.
  •      Relatif lebih mudah untuk dilakukan troubleshoot.

Kerugian Topologi MESH :

  •     Sulitnya pada saat melakukan instalasi dan melakukan konfigurasi ulang saat jumlah komputer dan peralatan‐peralatan yang terhubung semakin meningkat jumlahnya.
  •      Biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang berlebih.
2.   Topologi BUS adalah sebuah topologi yang media transmisinya menggunakan kabel tunggal atau kabel pusat tempat yang menghubungkan client dan server.
Cara kerja :
· Ketika computer mengirim sinyal kesaluran maka saluran computer mendapatsinyal tersebut.
·    Hanya satu computer pada suatu saat yang bisa mengirim sinyal.
·    Computer harus menunggu sampai saluran bebas  sebelum mengirim.
Kelebihan :
·  Layout kabel sederhana sehingga instalasi relativ mudah.
·  Hemat kabel sehingga instalasi relativ mudah.
· Penambah dan pengurangan terminal dapat dilakukan tanpa menganggu operasi yang berjalan.
Kekurangan :
· Jika kabel utama putus maka komunikasi gagal.
· Keamanan data kurang terjamin.
· Diperlukan repeater untuk jarak jauh.















3.  Topologi Star adalah topologi jaringan yang menyerupai bentuk bintang dengan node ditengah sebuah alat concentrator (hub,switch) sebagai pusat penghubung  kesetiap station computer.
Cara kerja :
·  Hub broadcast bisa aktif bisa pasif.
· Kita bisa menggunakan beberapa tipe kabel untuk mengimplementasikan jaringan star.

Kelebihan :
·Pengelolaan menjadi mudah.
·Kegagalan mudah ditelusuri.
·Kegagalan pada suatu komponen/terminal tidak mempengaruhi komunikasi terminal lain.

Kekurangan :
· Kegagalan pusat control.
· Boros dalam penggunaan kabel.
· Kondisi hub harus tetap dalam kondisi baik.























4.  Topologi Ring merupakan (Cincin) pemetaan  jaringan computer yang berbentuk seperti cincin yaitu, bulatan melingkar berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung kedua titik lainnya dimana berperan dalam menghubungkan semua computer. Cincin berfungsi sebagai pusat berkumpul ujung kabel untuk setiap kabel computer terhubung dan kabel yang digunakan topologi Ring kabel BNC.

Keuntungan Topologi RING :
  •  Data mengalir dalam satu arah sehingga terjadinya collision dapat dihindarkan.Aliran data mengalir lebih cepat karena dapat melayani data dari kiri atau kanan dari server.
  •    Dapat melayani aliran lalulintas data yang padat, karena data dapat bergerak kekiri atau kekanan.
  •      Waktu untuk mengakses data lebih optimal.

Kerugian Topologi RING :
  •   Apabila ada satu komputer dalam ring yang gagal berfungsi, maka akan mempengaruhi  keseluruhan jaringan.
  •      Menambah atau mengurangi computer akan mengacaukan jaringan.
  •      Sulit untuk melakukan konfigurasi ulang.

5.   Topologi Extended star merupakan pemetaan dalam menggambarkan  jaringan hasil pengembangan  lanjutan dari topologi star (bintang). Setiap node berkomunikasi langsung dengan sub node, sedangkan sub node berkomunikasi  dengan central.

Kelebihan Topologi Extended Star :
  •   Jika satu kabel sub node terputus maka sub node yang lainnya tidak terganggu,tetapi apabila central node terputus maka semua node disetiap sub node akan terputus.

Kekurangan Topologi Extended Star :

  •      Tidak dapat digunakan kabel yang  karena hanya menghandel satu traffic node, karena untuk berkomunikasi antara satu node ke node lainnya membutuhkan beberapa kali hops.


6.  Topologi Hierarchical/Tree (pohon) merupakan pengembangan dari topologi bus dan juga topologi bintang dimana media transmisi suatu kabel yang bercabang tetapi loop tidak tertutup.
                 
             Kelebihan Topologi Tree :
  •     Seperti topologi star perangkat terhubung pada pusat pengendali /HUB.Tetapi HUB dibagi menjadi dua,central HUB,dan secondary HUB
  •      Topologi tree ini memiliki keunggulan lebih mampu menjangkau jarak yang lebih jauh dengan mengaktifkan fungsi Repeater yang dimiliki oleh HUB.

        Kelemahan Topologi Tree :

  •    Kabel yang digunakan menjadi lebih banyak sehingga diperlukan perencanaan yang matang dalam pengaturannya , termasuk di dalamnya adalah tata letak ruangan.


7. Topologi Peer to peer adalah topologi yang menggunakan  dua computer untuk saling terhubung dengan satu kabel penghubungnya.Topologi peer to peer  biasanya menggunakan 10 komputer  dan 1-2 printer.

Kelebihan :
1. komputer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang di milikinya seperti hardisk, drive, modem dan printer.
2. Biaya operasional relatif lebih murah di bandingkan dengan tipe jaringan clien-server.
3. Kelangsungan kerja tidak tergantung pada satu server. sehingga bila satu komputer mengalami gangguan atau rusak tidak akan mengganggu komputer lain.
Kelemahan:
1. Jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan peer to peer setiap komputer di mungkinkan akan terlibat dalam komunikasi yang ada.di jaringan clien-server komunikasi adalah antara server dan workstation.
2. Sistem keamanan jaringan adalah di tentukan masing masing user dengan mengatur keamanan masing masing fasilitas yang di miliki.
3. Karena data jaringan tersebar di masing masing komputer dalam jaringan. maka backup harus dilakukan masing masing komputer tersebut.



cukup sekian dari saya semoga bermanfaat dan jangan lupa share kepada yang ingin mempelajari.